Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

India Akan Tarik 10.000 Pasukan Dari Wilayah Jammu dan Kashmir Yang Disengketakan


Kementerian Dalam Negeri India dilaporkan telah memerintahkan penarikan segera setidaknya 10.000 pasukan paramiliter dari wilayah Jammu dan Kashmir yang disengketakan.

Perintah tersebut dikeluarkan pada hari Rabu (19/8/2020) setelah kementerian meninjau pengerahan "Pusat Angkatan Bersenjata (CAPF)" ke wilayah yang disengketakan, menurut Press Trust of India (PTU).

Seorang pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Turki Anadolu bahwa total 100 kompi keamanan telah diperintahkan untuk menarik personel mereka dari wilayah tersebut.

"Pada minggu ini, kompi-kompi akan ditarik ke lokasi pangkalan mereka di bagian lain negara itu," kata pejabat itu, menambahkan bahwa keputusan telah dibuat menyusul kesimpulan bahwa situasi keamanan telah membaik di Jammu dan Kashmir.

Perkembangan tersebut akan menjadi penurunan terbesar pasukan keamanan sejak pasukan tambahan dikirim ke wilayah itu menyusul keputusan New Delhi untuk mencabut otonomi wilayah tersebut Agustus lalu. Kementerian Dalam Negeri terakhir menarik 10 kompi keamanan dari Jammu dan Kashmir pada Mei, sementara 72 unit serupa dicabut pada Desember tahun lalu. India sendiri tetap mempertahankan kehadiran 500.000 tentara, atau sepertiga lebih dari seluruh kekuatan militernya di Kashmir.

Pada tanggal 5 Agustus 2019, pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan pencabutan status khusus kawasan itu.

Menyusul pengumuman tersebut, pemerintah New Delhi mengirim ribuan pasukan tambahan ke wilayah tersebut, mengumumkan jam malam yang ketat, menutup layanan telekomunikasi dan internet, serta menangkap para pemimpin politik dan juru kampanye pro-kemerdekaan.

Wilayah Himalaya terbagi antara India - yang menguasai Lembah Kashmir yang padat penduduk dan wilayah yang didominasi Hindu di sekitar Kota Jammu - dan Pakistan, yang mengontrol sebagian wilayah di barat.

Kedua negara mengklaim seluruh Kashmir dan telah berperang tiga kali di wilayah tersebut.

Posting Komentar untuk "India Akan Tarik 10.000 Pasukan Dari Wilayah Jammu dan Kashmir Yang Disengketakan"

Berlangganan via Email