Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal reshuffle Luhut, Rocky Gerung: Dia bersama Jokowi dalam segala cuaca


Istana mengungkapkan Presiden Jokowi tak akan mereshuffle kabinetnya. Saat ini Kabinet Indonesia Maju sedang fokus bekerja menangani Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Pembahasan reshuffle menghitung faktor Luhut, Rocky Gerung menilai menteri koordinator ini sangat khusus bagi Jokowi.

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, menyatakan Presiden memerintahkan kepada para menteri agar tetap fokus bekerja, fokus menyelesaikan krisis, dan fokus membajak momentum krisis ini untuk melakukan lompatan kemajuan di segala bidang, melakukan reformasi fundamental sebagai prasyarat Indonesia Maju.

Pernyataan jubir tersebut membuat publik bisa bertanya-tanya, sebab beberapa waktu lalu saat memarahi menterinya, Jokowi mengancam tak segan merombak kabinet pada menterinya yang tak bekerja serius.


Kenapa tak jadi reshuffle?

Pengamat politik Rocky Gerung membaca Jokowi dalam posisi dilematis dengan batalnya reshuffle. Langkah ini menunjukkan Presiden Jokowi takut terjadi momentum politik yang mengubah total politik nasional.

Salah satu inisiator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu mengatakan reshuffle atau tidak, pasti Jokowi sudah menghitung analisis ongkos benefitnya, apakah menguntungkan secara politik atau kebijakan.

“Presiden tahu trust-nya berkurang (dengan batal reshuffle) tapi ya udah mending distrust berkurang daripada reshuflle tapi terjadi momentum poliitk bukan semacam reshuflfe tapi terjadi perubahan total politik,” kata Rocky dalam saluran YouTube Rocky Gerung wawancara dengan Hersubeno Arief, Senin 24 Agustus 2020.


Reshuffle Luhut Rocky Gerung bilang begini

Bicara variabel dan faktor reshuffle kabinet, Rocky mengakui faktor Luhut mesti dihitung dari aspek non parpol.

Dalam pandangannya dan publik secara umum, Luhut adalah orang istimewa bagi Jokowi. Dia sosok non parpol namun punya kendali dan kekuatan sehingga selalu aman di kabinet Jokowi.


“Saya rasa Luhut dan Jokowi ini Jokowi. Saling tahu mentalnya dan saling tahu kepentingan. Padahal probem utama di kabinet adalah Luhut, karena menteri segala soal, akarnya di sana kenapa dan apa yang membuat Luhut tak bisa digoyah?” ujar Rocky.

Publik juga penilaian sama, Menteri Luhut bukan orang sembarangan lho.

“Publik menganggap Menteri Luhut itu salah satu figur yang sebabkan turbulensi kebijakan, karena campur tangan dalam banyak kebijakan. Publik kalau reshuffle ya minta Luhut di-reshuffle, tapi dalam banyak peristiwa kan nggak,” kata dia.

Kalau pun nanti bakal ada reshuffle di masa depan, Rocky yakin Luhut bakal tetap aman bersama Jokowi, karena keduanya punya cerita dan sejarah sendiri.

“Saya anggap Luhut punya sejarah khusus dengan pak Jokowi. Dia tak sekadar direkrut karena keahliannya. Luhut firm bersama Jokowi dalam segala cuaca,” ujar Rocky.

Posting Komentar untuk "Soal reshuffle Luhut, Rocky Gerung: Dia bersama Jokowi dalam segala cuaca"

Berlangganan via Email