Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pemprov: Gubernur Kaltim Akan Rudal Kantor yang Buka Sabtu-Minggu Hoax!

Pemprov: Gubernur Kaltim Akan Rudal Kantor yang Buka Sabtu-Minggu Hoax!

 Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengeluarkan Instruksi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Wabah Pandemi COVID-19. Setelah itu, sejumlah meme dan informasi bohong beredar luas melalui media sosial WhatsApp.

Salah satu pesan hoax itu adalah foto Isran Noor saat wawancara di salah stasiun televisi dengan tulisan 'ISRAN NOOR: KALO ADA KANTOR YANG BUKA AKAN KAMI RUDAL'. Informasi bohong lainnya adalah beredar grafis dengan foto Isran Noor sedang menunjuk sesuatu dan bertuliskan 'Gubernur Kaltim Isran Noor, mengganti rugi semua UMKM yang tutup 2 hari 6-7 Februari, menggunakan dana penanganan COVID yang masih berlimpah. Kategori usaha PKL: 2,5jt, warung kopi:3jt, warung sembako: 3jt, pedagang pasar 2,5jt/lapak, restoran: 5jt. Hanya untuk usaha yang sudah memiliki NIB. Pemilik usaha diwajibkan kirim data via online'.


"Dua berita tersebut tidak benar, Bapak Gubernur tidak pernah mengeluarkan statement seperti itu, apalagi saat wawancara dengan media elektronik," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal ditemui di kantornya, Jumat (5/2/2021).



"Untuk hoax pertama yang memuat statement gubernur Kaltim akan rudal kantor yang buka pada Sabtu-Minggu itu tidak benar, kami sudah klarifikasi langsung kepada tvOne dan dijawab tidak benar ada tayangan seperti itu," jelas Faisal.


Faisal menyebut gambar Gubernur Kaltim Isran Noor diedit orang tak bertanggung jawab. Faisal heran atas hoax seperti itu.


"Gambar itu telah melalui proses editing dan telah beredar yang menampilkan foto Gubernur saat wawancara dengan tvOne dalam program Apa Kabar Indonesia dengan statement Gubernur, 'Kalau ada kantor yang buka akan kami rudal'," jelas Faisal.


Munculnya hoax usai keluarnya instruksi Gubernur Kaltim disesalkan Faisal karena masyarakat jadi bingung. Padahal, menurut Faisal, instruksi tersebut merupakan hasil kesepakatan rapat wali kota dan bupati serta forkopimda se-Kaltim.


"Ini keputusan berat yang harus diambil, jadi masyarakat mohon memahami itu," kata Faisal.


"Kita lihat grafiknya terus naik, ya, kita harus menjaga, jangan sampai menjadi bencana bagi kita, dan kerugiannya lebih besar lagi," jelasnya .


Instruksi Gubernur Kaltim yang ditujukan kepada bupati dan wali kota ini meminta pemerintah kabupaten dan kota mengambil langkah-langkah strategis dan percepatan penanganan COVID-19 dengan melibatkan elemen masyarakat.

Posting Komentar untuk "Pemprov: Gubernur Kaltim Akan Rudal Kantor yang Buka Sabtu-Minggu Hoax!"

Berlangganan via Email